You are here: Home

Kontraktor Lapangan Futsal

BISNIS LAPANGAN FUTSAL SANGAT MENGUNTUNGKAN

Bisnis penyewaan lapangan futsal dua tahun terakhir ini sangat  marak.  Beberapa pengusaha penyewaan lapangan olahraga yang sebelumnya tidak tertarik di dalam bisnis penyewaan lapangan futsal mulai beralih berbisnis penyewaan lapangan futsal. Banyak pengusaha penyewaan lapangan olahraga, seperti bulu tangkis, volley ball dan  basket, mulai merubah lapangannya menjadi lapangan futsal. Bahkan beberapa pengusaha pergudangan juga sudah banyak yang merubah gudangnya menjadi lapangan futsal.  Benarkah bisnis lapangan futsal menguntungka ?. Alasan mereka sederhana, penyewaan lapangan futsal tidak tergantung poin didalam pertandingan, tapi bergantung waktu penyewaan.  Satu game permainan bulu tangkis bisa memakan waktu 1 sampai  2 jam, dengan jumlah pemain maksimal 4 orang untuk ganda, dan 2 orang untuk single.  Tarifnya juga murah, karena mereka umumnya menyewa bulanan.  Sementara lapangan futsal, bisa digunakan oleh sepuluh orang dengan durasi (lama bermain) 1 jam. Sewa 1 jam lapangan futsal berkisar antara Rp. 200.000 s/d Rp. 300.000.  Dalam sehari lapangan futsal bisa di gunakan sampai 10 jam.  Dengan kata lain, jika 10 jam perhari, maka income perhari mencapai Rp. 2.000.000 s/d Rp. 3.000.000. Bandingkan dengan penyewaan lapangan olahraga lainnya.

Itulah sebabnya banyak pengusaha dan pengelola penyewaan lapangan olahraga mulai melirik bisnis penyewaan lapangan futsal.  Alasannya sederhana, pemeliharaannya mudah, hanya memperkerjakan sedikit karyawan. Keuntungan perbulan mencapai Rp. 60 juta s/d Rp. 90 juta. Penghasilan dari lapangan futsal akan bertambah lagi, jika dilengkapi dengan kantin dan warnet.

Karena sangat menjanjikan beberapa pengusaha bahkan berani dengan system pinjam pakai lahan dalam kurun waktu tertentu. Dengan perhitungan jika pinjam pakai lahan selama 10 tahun dengan investasi Rp. 380 juta, setelah 10 tahun lapangan beserta bangunannya menjadi milik pemilik lahan. Ternyata keuntungan sangat mengiurkan, mencapai Rp. 7, 2 milyar (Rp. 60 juta  x 12 bulan  x 10 tahun = Rp. 7.2 milyar). Sungguh bisnis yang sangat menguntungkan. Nah kalau menguntungkan mengapa anda tidak mencobanya. Namun jika anda tidak memiliki modal yang cukup untuk membangun gedung lapangan futsal,  jangan kuatir, anda bisa membuat lapangan futsal terbuka dengan modal yang sangat minim. 

________________________________________________________

JARING FUTSAL

Jaring atau nett penutup lapangan futsal merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan dalam pembuatan lapangan futsal.

Fungsi dari jaring/jala/nett futsal sebagai berikut :

  1. Menahan bola agar bola tersebut ketika ditendang tetap bisa tertahan di area lapangan futsal.

  2. Sebagai pembatas antara area pemain dan penonton atau pemain cadangan.

  3. Sebagai pelindung pemain futsal dari benturan dengan dinding atau tiang penyangga lapangan futsal

Sebuah jaring yang bagus selain bisa berfungsi seperti hal diatas juga harus kuat (tidak mudah terputus), mempunyai fungsi estetika yang baik ( harus kelihatan rapih, tidak banyak bolong atau banyak sambungan), serta warna yang sesuai dengan rumput lapangan futsal .

Dewasa ini banyak toko yang menjual jaring tapi jaring yang dijual tidak sesuai standard yang dibutuhkan suatu lapangan futsal. Untuk instalasi pemasangan jaring dibutuhkan keahlian tersendiri, karena menyangkut keselamatan pemain futsal dan juga kerapihan. Jaring yang sesuai standard FIFA memiliki diameter 4 mm, terbuat dari bahan PolyEthylene, mempunyai lubang dalam kotak sekitar 4 cm.

Setiap pinggiran yang akan dipasang jaring harus dipasang tali baja sebagai pengikat agar jaring tetap tertahan. Tinggi pemasangan jaring adalah 5 meter dari lantai.

______________________________________________________

Peraturan Futsal

 

Peraturan Futsal

Peraturan Permainan Futsal

PERATURAN  1

  • UKURAN LAPANGAN 

Lapangan harus berbentuk bujur sangkar. Garis samping pembatas lapangan harus lebih panjang dari garis gawang:

Panjang :

Minimal 25 m

Maksimal 42 m 

Lebar

Minimal 15 m

Maksimal 25 m

Ukuran Pertandingan Internasional :

Panjang :

Minimal 38 m

Maksimal 42 Lebar :

Minimal 18 m

Maksimal 22 m

 

  • TANDA  LAPANGAN

Lapangan ditandai dengan garis. Garis tersebut termasuk garis pembatas lapangan. Garis yang lebih panjang disebut garis samping (touched line) dan yang lebih pendek disebut garis gawang (goal line).

lebar garis pembatas 8 cm

 

Lapangan dibagi menjadi dua dan diberi garis tengah

Titik tengah ditandai pada garis setengah lapangan dan lingkaran pada titik tengah dibuat dengan radius 3 m

 

  • DAERAH  PINALTI

Daerah Pinalti ditandai pada masing-masing ujung     lapangan sebagai berikut :

Seperempat Lingkaran, dengan radius 6 m, ditarik sebagai pusat diluar dari masing-masing tiang gawang.

Seperempat lingkaran digambarkan garis pada sudut kanan hingga garis gawang dari luar tiang gawang. Bagian atas dari masing-masing seperempat lingkaran dihubungkan dengan garis sepanjang 3,16m berbentuk paralel/sejajar dengan garis gawang antara kedua tiang gawang tersebut.

  • TITIK  PINALTI

Titik Pinalti Pertama digambarkan 6 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang dengan jarak yang sama.

  • TITIK  PINALTI  KEDUA

Titik pinalti pertama digambarkan di lapangan 10 m dari titik tengah antara kedua tiang gawang engan jarak yang sama.

  • TENDANGAN  SUDUT

Seperempat Lingkaran dengan radius 25 cm ditarik di dalam lapangan dari setiap sudut.

  • DAERAH  PERGANTIAN  PEMAIN

Daerah pemain cadangan terletak pada samping lapangan dengan tempat duduk tim di kedua sisi yang sama sehingga mempermudah untuk pergantian pemain.

Daerah pergantian pemain terletak depan tempat duduk pemain cadangan dan dengan panjang 5 m. Daerah ini ditandai pada masing-masing sisi dengan garis yang memotong garis samping, dengan lebar garis 8 cm dan panjang 80 cm, dimana 40 cm digambarkan didalam lapangan dan 40 cm diluar lapangan.

Daerah Bebas berjarak 5 m dari garis tengah dan garis samping. Daerah bebas ini, secara langsung didepan pencatat waktu dan harus tetap dalam keadaan kosong dan bebas pandangan.

  • GAWANG

Gawang harus ditempatkan pada bagian tengah dari masing-masing garis gawang. Gawang terdiri dari dua tiang gawang (goal post) yang sama dari masing-masing sudut dan dihubungkan dengan puncak tiang oleh palang gawang secara horizontal (cross bar).Jarak antar tiang ke tiang gawang 3 m dan jarak dari ujung bagian bawah tanah ke palang gawang adalah 2 m. Kedua tiang gawang dan palang gawang memiliki lebar dan dalam yang yang sama yakni 8 cm. Jaring dapat dibuat dari nilon yang diikat ke tiang gawang dan palang gawang dibahagian belakang yang diberi beban.

________________________________________________________________

Proposal Bisnis FUTSAL

______________________________________________________________________________

Di Indonesia olahraga Futsal saat ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakan dari mulai usia anak-anak, dewasa hingga orang tua. Hal ini disebabkan keterbatasan lapangan sepak bola di Indonesia yang semakin hari semakin berkurang, di sisi lain minat masyarakat akan olah raga bola semakin meningkat, Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan atara ketersediaan lapangan bola dengan permintaan dari para pengguna lapangan olahraga bola.

Lapangan Futsal hadir untuk menjembatani kesenjangan tersebut, bahkan di tahun-tahun terakhir ini olahraga futsal sangat booming di Indonesia dan tentunya memberikan konstribusi keuntungan yang menggiurkan bagi mereka yang berada di bisnis ini sebagai Pemilik Lapngan Futsal.

Saat ini banyak sekali masyarakat pemilik modal yang ingin sekali memanfaatkan peluang bisnis ini, namun sebagian besar dari mereka tidak mengerti seluk beluk bisnis Lapangan Futsal dan ingin mengetahui berapa besar investasi dan keuntungan berbisnis lapangan Futsal.

Melalui media ini, kami selaku bagian dari pelaku bisnis ini sebagai kontraktor dan Instalatur Lapangan Futsal ingin memberikan informasi kepada Anda berupa sekilas gambaran biaya dan keuntungan bisnis Lapangan Futsal, Sbb :
•    Tahapan pembuatan Lapangan Futsal meliputi :

1.    Pekerjaan sipil meliputi ( Fondasi, Lantai dan Dinding )
2.    Pekerjaan Konstruksi, meliputi ( Ranka Tiang Baja WF atau Pipa dan Atap )
3.    Pekerjaan Lapangan, meliputi ( Pemsangan jarring, rumput/Vinyl, Pasir, Rubber dan Tiang Gawang

 

•    Ukuran lapangan Futsal yang Standard adalah :

1.    16 m x 26 m
2.    15 m x 25 m
3.    14 m x 24 m
4.    Untuk ukuran Bangunan (konstruksi ) minimal 17 m x 28 m

•    Pehitungan Biaya Investasi dan Perkiraan BEP ( Kembali Modal )

Jika investasi keseluruhan (tanpa tanah) ukuran Bangunan 17×28 dan ukuran lapangan 16 x26
a.    Biaya Sipil (Fondasi, Lantai dan dinding)             ± Rp. 100.000.000,-
b.    Biaya Konstruksi Tiang Baja WF dan Atap           ± Rp. 175.000.000,-
c.    Biaya Lapangan Rumput, jaring dll                     ± Rp. 135.000.000,-
d.    Total Biaya Investasi (dibulatkan)                          Rp. 400.000.000,-

 

•    Perhitungan Perkiraan BEP :

  1. Estimasi pemasukan apabila rata-rata 8 jam/hari @Rp. 100.000,-

-          Total Pemasukan  8 jam x  100.000 x 30 hari                        = 24.000.000,-

-          Pemasukan darin Kantin/Café dan parkir                             =   6.000.000,-

-          Total =                                                                                            = 30.000.000,-

  1. Estimasi Biaya :

-     Gaji Pegawai 3 orang @ Rp.1.000.000,-                   =   3.000.000,-
-     Listrik 12 lampu @250 watt Rp. 37.500 + Air         =      500.000,-
-     Maintenance Rumput, Bola dll                                    =      500.000,-

-          Telepon / Internet                                                       =   1.000.000,-

-          Total =                                                                            =   5.000.000,-
Total Pemasukan Rp. 30.000.000,- dikurangi Biaya Rp. 5.000.000 = Rp. 25.000.000
Biaya Investasi 400.000.000 / 25.000.000 BEP ± 16 Bulan, Bulan berikutnya adalah keuntungan pemilik, kalau rumput yang bagus bisa digunakan selama 5 tahun lebih, maka 5 x 12 bulan = 60 bulan – 16 bulan = 44 bulan adalah keuntungan pemilik lapangan.

Pengalaman kami sebagai kontraktor dari ratusan proyek kami, rata2 tingkat ( average ) penggunaan lapangan futsal berkisar 8 – 10 jam per hari, maka hitungan diatas akan lebih menguntungkan lagi apabila average/rata2 sewa 10 jam/ hr.

•    PENAWARAN KERJA SAMA


Kami dalah sebuah Business Company yang sejak tahun 2006, bergerak di bidang kontraktor Lapangan Futsal, dan sebagai Importir dan Distributor Rumput Sintetis.
kami melayani pembuatan lapangan futsal mulai dari pembuatan desain (gambar), pengerjaan konstruksi baja (fabrikasi) serta penyediaan dan pemasangan rumput sintetis dan seluruh perlengkapan sarana futsal seperti, jaring, rumput gawang, papan score dan lighting.
Kami memberikan pelayanan yang maksimal dengan harga yang kompetitif dan mutu pekerjaan yang lebih baik melalui service yang excellent dan cepat, memberikan jaminan klien kami akan puas dengan hasil pekerjaan kamiMenawarkan kerja sama kepada para investor dengan pola pembayaran :
1. DP 1, 50% dari Nilai kontrak
2. DP 2, 30% pada saat semua material sampai di lokasi Proyek dan Pekerjaan sampai dengan pemasangan Atap bangunan / Jaring selesai.
3. DP 3, 10% Pada saat pelaksanaan pemasangan rumput di mulai.
4. DP 4, 10%( Pelunasan ) Pada saat pekerjaan selesai 100%.

•    Keterangan Lainnya :

Perlengkapan yang diperlukan untuk Rumput / Vinyl Futsal adalah :
a.    Rumput sintetis / Vinyl (matrass)
b.    Jaring / Net
c.    Pasir halus (untuk Vinyl tdk perlu)
d.    Rubber (untuk Vinyl tdk perlu)
e.    Alas Rumput ( Backing Foundation )
f.    Tiang Gawang
g.    Lem

h.    Karpet penyambung rumput

•    Perawatan Lapangan FUTSAL

Perawatan lapangan hanya dengan menjaga tinggi rumput 5 mm. Yang mana owner harus menjaga level pasir 35 mm, dan karet (Rubber) 10 mm.

•    Spesifikasi rumput sintetis yang dipakai :

Kami menggunakan rumput sintetis dengan ukuran standar lapangan sepak bola yaitu 50mm dan 40mm Tersedia berbagai jenis dan type, terbuat dari material yang dapat mengurangi gesekan panas pada kulit ketika jatuh atau melakukan sliding.

__________________________________________________________________________

SEJARAH OLAH RAGA FUTSAL

Futsal dipopulerkan di span> Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.

Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California. Futsal The Rule of The Game Futsal dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utara serta Afrika, Asia, dan Oseania.

Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984.

Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.

Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California. Futsal The Rule of The Game

Peraturan

Luas lapangan

  1. Ukuran: panjang 25-43 m x lebar 15-25 m
  2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
  3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos
  4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang
  5. Garis penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang
  6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
  7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m
  8. Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasif (M Sport Court interlock multi tiles flooring)

Bola

  1. Ukuran: 1
  2. Keliling: 62-64 cm
  3. Berat: 1-5 kg
  4. Lambungan: 55-65 cm pada pantulan pertama
  5. Bahan: kulit atau bahan yang cocok lainnya (yaitu bahan tak berbahaya)

Jumlah pemain (per tim)

  1. Jumlah pemain maksimal untuk memulai pertandingan: 5, salah satunya penjaga gawang
  2. Jumlah pemain minimal untuk mengakhiri pertandingan: 2 (tidak termasuk cedera)
  3. Jumlah pemain cadangan maksimal: 7
  4. Jumlah wasit: 2
  5. Jumlah hakim garis: 0
  6. Batas jumlah pergantian pemain: tak terbatas
  7. Metode pergantian: “pergantian melayang” (semua pemain kecuali penjaga gawang boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja; pergantian penjaga gawang hanya dapat dilakukan jika bola tak sedang dimainkan dan dengan persetujuan wasit)
  8. Dan wasit pun tidak boleh menginjak arena lapangan , hanya boleh di luar garis lapangan saja , terkecuali jika ada pelanggaran-pelanggaran yang harus memasuki lapangan

Lama permainan

  1. Lama normal: 2×20 menit
  2. Lama istiharat: 10 menit
  3. Lama perpanjangan waktu: 2×10 menit (bila hasil masih imbang setelah 2×20 menit waktu normal)
  4. Ada adu pinalti (maksimal 5 gol) jika jumlah gol kedua tim seri saat perpanjangan waktu selesai
  5. Time-out: 1 per tim per babak; tak ada dalam waktu tambahan
  6. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit/wikipidea